Penelitian Tindakan Kelas


UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERMAIN PLASTISIN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Oleh: Trismiati
NIM.825606441

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak dalam bermain plastisin melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelompok B1 TKIT Ar Raihan Piyungan, Gampingan Monggang Sitimulyo Piyungan Bantul.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok B1 TKIT Ar Raihan Piyungan yang berjumlah 22 anak. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi di setiap siklusnya. Pada tahap pengamatan tindakan dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung oleh peneliti dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan, catatan lapangan, dan dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu dengan meningkatnya kreativitas anak dalam pembelajaran bermain plastisin melalui pendekatan CTL yang dapat dilihat dari skor kreativitas anak dan respon anak dalam mengikuti proses pembelajaran serta hasil karya yang dihasilkan berkembang dan variatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Melalui pendekatan CTL dengan media plastisin kreativitas anak dapat meningkat dengan baik dari sebelum dilakukan tindakan hingga setelah dilakukan tindakan. Peningkatan kreativitas ini diukur dengan menggunakan skor yang ditinjau dari segi orisinalitas, bentuk, dan warna. Pada kondisi pra siklus skor keseluruhan aspek kreativitas sebesar 11,72 atau dalam prosentase sebesar 48,83% dan pada akhir siklus II skor keseluruhan aspek kreativitas anak sebesar 20,43 atau sebesar 85,13%. Melalui pengukuran tersebut, kreativitas anak mengalami peningkatan sejumlah 8,71 atau sebesar 36,29%. (2) Hasil karya anak selama pelaksanaan tindakan sebanyak dua siklus mengalami peningkatan yang cukup berarti, peningkatan tersebut terlihat dari segi orisinalitas serta hasil karya yang memiliki keragaman warna dan bentuk.

Kata kunci: Kreativitas, Plastisin, Contextual Teaching and Learning


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Kegiatan Eksplorasi Alam

Ketika anak berada pada masa emas (0 - 5 tahun), otak anak mengalami perkembangan yang sangat dahsyat yaitu sekitar 80 %. Pada masa sensitif...

Popular Posts