UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERMAIN PLASTISIN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Oleh: Trismiati
NIM.825606441
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak
dalam bermain plastisin melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada
siswa kelompok B1 TKIT Ar Raihan Piyungan, Gampingan Monggang Sitimulyo
Piyungan Bantul.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
subjek penelitian yaitu anak kelompok B1 TKIT Ar Raihan Piyungan yang
berjumlah 22 anak. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan
melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi
di setiap siklusnya. Pada tahap pengamatan tindakan dilakukan saat proses
pembelajaran berlangsung oleh peneliti dan teman sejawat. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan, catatan lapangan, dan
dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Kriteria keberhasilan tindakan yaitu dengan meningkatnya kreativitas anak
dalam pembelajaran bermain plastisin melalui pendekatan CTL yang
dapat dilihat dari skor kreativitas anak dan respon anak dalam mengikuti
proses pembelajaran serta hasil karya yang dihasilkan berkembang dan
variatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Melalui pendekatan CTL dengan
media plastisin kreativitas anak dapat meningkat dengan baik dari sebelum
dilakukan tindakan hingga setelah dilakukan tindakan. Peningkatan
kreativitas ini diukur dengan menggunakan skor yang ditinjau dari segi
orisinalitas, bentuk, dan warna. Pada kondisi pra siklus skor keseluruhan
aspek kreativitas sebesar 11,72 atau dalam prosentase sebesar 48,83% dan
pada akhir siklus II skor keseluruhan aspek kreativitas anak sebesar 20,43
atau sebesar 85,13%. Melalui pengukuran tersebut, kreativitas anak
mengalami peningkatan sejumlah 8,71 atau sebesar 36,29%. (2) Hasil karya
anak selama pelaksanaan tindakan sebanyak dua siklus mengalami peningkatan
yang cukup berarti, peningkatan tersebut terlihat dari segi orisinalitas
serta hasil karya yang memiliki keragaman warna dan bentuk.
Kata kunci: Kreativitas, Plastisin, Contextual Teaching and Learning
Tidak ada komentar:
Posting Komentar