Menumbuhkan Minat Belajar Anak

Anak-anak sering merasa bosan mengikuti aktifitas kegiatan belajar di sekolah yang monoton, tidak kreatif, dan terkesan hanya itu-itu aja kegiatannya.

Rasa bosan pada anak bisa diamati dari perilakunya ketika guru mengajar. 

Ada yang asyik ngobrol dengan temannya, lari ke sana ke mari, bikin ribut, pokoknya gak fokuslah dengan apa yang disampaikan guru.

Ini sebuah tantangan bagi guru, jika tidak ada upaya perbaikan akan membuat anak merasa jenuh dan malas pergi sekolah.

Maka sangat penting bagi guru maupun orang tua untuk menumbuhkan minat belajar pada anak entah itu ketika di rumah maupun sekolah.

Khusus di sekolah, guru harus kreatif menyiapkan kegiatan dan media belajar yang menarik bagi anak. 

Agar pembelajarannya lebih bermakna, libatkan anak secara aktif dalam setiap proses kegiatan.

Salah satu kegiatan untuk mengenalkan anak pada sebuah profesi atau pekerjaan yang dilakukan orang dewasa yaitu jumpa tokoh dengan menghadirkan seorang pengusaha kue. 

Kegiatan ini sangat menarik bagi anak. Mereka dikenalkan dengan seorang pengusaha kue dan diberi penjelasan seputar profesi tersebut. 

Selain itu anak-anak juga diajak praktek caranya membuat kue mulai dari membuat adonan, membentuk, menghias sampai memanggang dalam oven.

Dari kegiatan tersebut, anak-anak tidak hanya kenal dengan pribadi tokoh tetapi dikenalkan juga aktifitas yang dilakukan sehubungan dengan profesinya.

Anak juga mendapatkan pengalaman berharga praktek membuat kue dan menikmati hasil karya buatannya. Hal ini dapat menubuhkan rasa percaya dirinya.

Semoga kegiatan ini mampu memotivasi anak untuk selalu semangat dalam setiap kegiatan pembelajaran dan dapat menumbuhkan jiwa wirausaha pada diri mereka. @trismiati


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Aksi Nyata Modul 3.3

  AKSI NYATA MODUL 3 Alhamdulillah dalam modul 3 ini saya sudah melakukan 3 aksi nyata sesuai dengan sub materi yang ada di LMS, meliputi : ...

Popular Posts