Artikel Aksi Nyata Modul 3.3

 

AKSI NYATA MODUL 3

Alhamdulillah dalam modul 3 ini saya sudah melakukan 3 aksi nyata sesuai dengan sub materi yang ada di LMS, meliputi :

1. Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

2. Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.

3. Pengelolaan program berdampak pada murid.

Berikut ulasan dari ke 3 aksi nyata yang telah saya lakukan.

 

#Aksi Nyata Materi 3.1 : Kegiatan Home Visit

Pada aksi nyata materi modul 3.1 ini saya mempraktikan pengambilan keputusan dalam menghadapi dilema etika yang saya alami di sekolah pada masa pandemi dengan menggunakan 4 paradigma, 3 prinsip dilema etika dan 9 langkah pegambilan keputusan dan pengujian.

Pada masa pandemi ini, anak usia dini menjadi salah satu kelompok yang merasakan dampak covid-19 yang cukup besar. Sistem pembelajaran jarak jauh atau daring menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya yaitu kurang maksimal dalam pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Pembelajaran melalui media zoom maupun google meet bagi anak usia dini khususnya jenjang Taman Kanak-kanak sangat tidak efektif dan memberatkan bagi orang tua yang semuanya bekerja. Anak tidak mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan bermakna. Anak di rumah merasa bosan dan malas belajar. Orangtua pun juga merasa kesulitan dalam mendampingi anak-anak belajar di rumah.

Dalam situasi seperti ini, saya sebagai guru dihadapkan pada situasi dilema etika berupa rasa keadilan lawan rasa kasihan. Guru terikat dengan aturan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan system daring, di sisi lain kita merasa kasihan pada siswa karena aspek perkembangannya menjadi terhambat justru pada masa usia emasnya.

Maka dari itu saya mengadakan kegiatan Aksi Nyata berupa kegiatan Home Visit atau kunjungan ke rumah siswa. Saya melakukan kegiatan ini karena dengan melakukan kunjungan ke rumah siswa dan bertemu langsung dengan siswa beserta orangtuanya, maka akan terjadi saling komunikasi, berbagi pengalaman dalam melakukan pendampingan belajar anak, informasi perkembangan siswa, serta mencari solusi terhadap kendala yang dihadapi siswa maupun orang tua selama pembelajaran daring.

Hasil dari kegiatan Home Visit ini diantaranya yaitu anak-anak menjadi semangat mengerjakan tugas-tugas belajar selama BDR dan informasi tentang aspek perkembangan siswa yang sudah dan belum dicapai sehingga lebih mudah memetakan kebutuhan belajar masing-masing siswa.




#Aksi Nyata Materi 3.2 : Kegiatan Out Bound

Pada aksi nyata materi modul 3.2 ini saya mempraktikan pengeloaan sumber daya atau asset yang dimiliki sekolah untuk kegiatan pembelajaran yang berdampak pada murid. Salah satunya adalah asset lingkungan / alam  berupa halaman sekolah yang luas, sejuk, dan rindang.

Jika dikaitkan dengan kondisi jaman saat ini, dimana siswa harus memiliki 4 keterampilan abad 21 maka guru seharusnya merancang kegiatan yang bisa membekali siswa memiliki 4 ketampilan tersebut yaitu berpikir kreatif, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan tersebut sulit dikuasai siswa jika system pembelajaran masih model daring. Siswa butuh disediakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, maka saya bersama kepala sekolah dan rekan sejawat sepakat merencanakan kegiatan Out Bound dengan memanfaatkan halaman sekolah yang cukup luas. Out Bound ini juga sebagai kegiatan penguatan materi tema Air, Udara, Api sehingga kami malakukan kerjasama dengan Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantul.

Hasil dari aksi nyata kegiatan out bound ini adalah anak-anak memiliki pengalaman langsung tentang fungsi air dan bahaya api, praktek berkomunikasi baik dengan teman maupun orang lain dalam hal ini dengan bapak-bapak tim DAMKAR, serta praktek bekerjasama dalam setiap permainan yang disediakan.

 




#Aksi Nyata Materi 3.3 : Kegiatan Tarhib Ramadhan

Pada aksi nyata materi modul 3.3 ini saya mempraktikan pengeloaan program berdampak pada murid. Salah satu keterampilan siswa yang masih harus ditingkatkan yaitu komunikasi dengan warga masyarakat. Akibat dari pandemi, anak-anak sangat terbatas berinteraksi social di tengah masyarakat. Hal ini berdampak pada penguasaan berbahasa dan berkomunikasi sangat lemah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya melakukan aksi nyata berupa kegiatan Tarhib Ramadhan dengan melakukan pawai keliling kampung dekat sekolah sambil membagi jadwal imsyakiyah ke warga masyarakat. Kegiatan ini kami pilih karena selain biaya rendah, juga memberikan pengalaman berinteraksi social bersama warga masyarakat sekitar sekolah.

Sebelum kegiatan pawai dimulai, sehari sebelumnya anak-anak diajak membuat hiasan mahkota sesuai dengan hiasan yang disukai anak. Ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari memperhatikan suara, pilihan, dan kepemilikan siswa terhadap pembelajaran mereka.




 Saya merasa senang dan bersyukur sudah melakukan kegiatan aksi nyata di atas. Dengan bekal materi dalam modul 3 ini, saya menjadi paham bahwa semua sumber daya yang sudah dimiliki sekolah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada murid.

 

Banyak pengalaman dan pembelajaran yang berharga dari pelaksaan 3 aksi nyata tersebut, diantaranya adalah :

1. Pentingnya komunikasi dan kolaborasi dari siswa, kepala sekolah, rekan guru, orang tua siswa, maupun pihak luar sebagai mitra dalam mendukung program sekolah.

2. Bahwa kegiatan berdampak pada murid tidak harus berbiaya mahal, dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sekolah pun mampu menghasilkan program kegiatan yang berpusat pada murid.

3. Kegiatan-kegiatan diatas masih belum maksimal dalam mencapai tujuan, harus ada tindak lanjut dengan kegiatan-kegiatan lain sehingga murid memiliki lebih banyak pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.

 

Untuk rencana perbaikan ke depan, setiap kegiatan akan diadakan monitoring dan evaluasi agar ketika mengadakan kegiatan serupa mampu meminimalkan resiko yang terjadi. Perlu juga diadakan breafing 1 jam sebelum waktu pelaksanaan untuk mengetahui kesiapan panitia pelaksana dan melengkapi hal-hal yang masih kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Aksi Nyata Modul 3.3

  AKSI NYATA MODUL 3 Alhamdulillah dalam modul 3 ini saya sudah melakukan 3 aksi nyata sesuai dengan sub materi yang ada di LMS, meliputi : ...

Popular Posts